Artikel Hadits  Kembali

Membangun Kepedulian
Oleh : Ustadz Muslih Rasyid

وعن أَبي قَتادَةَ الْحارِثِ بنِ ربْعي قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّه ﷺ: إِنِّي لأَقُومُ إِلَى الصَّلاةِ وَأُرِيدُ أَنْ أُطَوِّل فِيها، فَأَسْمعُ بُكَاءَ الصَّبِيِّ فَأَتَجوَّزَ فِي صلاتِي كَرَاهِيَةَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمِّهِ رواه البخاري.

Dari Abu Qatadah, Harits bin Rib'i Radhiyallahu ‘Anhu berkata: "Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda: "Sesungguhnya saya berdiri untuk shalat dan saya bermaksud hendak memperpanjangkannya, kemudian saya mendengar tangisan bayi, dan sayapun memperingan shalatku. Saya tidak ingin memberatkan ibunya. (HR. Ahmad 2202 dan Bukhari 707)."

Pelajaran yang terdapat didalam hadist :

  1. Hadist ini memberi petunjuk bahwa adanya kemurahan hati dan kepedulian kepada sesama orang Islam.
  2. Sesama orang Islam harus ditumbuh suburkan adanya saling mencintai, menghargai, menyayangi dan saling tolong menolong.
  3. Tatkala hendak berbuat sesuatu tidak boleh memaksakan kehendak lebih lagi didasari dengan emosi. Maka tatkala Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam berdiri untuk shalat dan beliau bermaksud hendak memperpanjangkannya, kemudian mendengar tangis seorang bayi, lalu beliau Shallallahu ‘Alaihi Wassalam meringankan shalatnya itu karena beliau tidak suka memberatkan Ibu si bayi.

Tema hadist yang berkaitan dengan Al quran :

  • Allah Subhanahu wa Ta'ala memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya yang beriman untuk saling menolong dalam berbuat kebaikan —yaitu kebajikan— dan meninggalkan hal-hal yang mungkar: hal ini dinamakan ketakwa­an. Allah Subhanahu wa Ta'ala melarang mereka bantu-membantu dalam kebatilan serta tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan hal-hal yang diha­ramkan.
    وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ
    Dan  Tolong- menolonglah kalian dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. (Al-Maidah: 2).


Sumber : ONE DAY ONE HADITS  alhadist.com