Artikel Hadits  Kembali

Sikap Seorang Muslim Terhadap Muslim Yang Lain
Oleh : Ustadz Muslih Rasyid

عن أَبي هريرة رضي الله عنه قَالَ قَالَ: قَالَ رَسُول الله صلى الله عليه وسلم: ((لا تَحَاسَدُوا، وَلا تَنَاجَشُوا، وَلا تَبَاغَضُوا، وَلا تَدَابَرُوا، وَلا يَبعْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَيْع بَعْض، وَكُونُوا عِبَادَ الله إخْوَانًا، المُسْلِمُ أخُو المُسْلم: لا يَظْلِمُهُ، وَلا يَحْقِرُهُ، وَلا يَخْذُلُهُ، التَّقْوَى هاهُنَا- ويشير إِلَى صدره ثلاث مرات-- بحَسْب امْرئٍ مِنَ الشَّرِّ أنْ يَحقِرَ أخَاهُ المُسْلِمَ، كُلُّ المُسْلم عَلَى المُسْلم حَرَامٌ، دَمُهُ ومَالُهُ وعرْضُهُ)). رواه مسلم.  

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu berkata: "Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda: "Janganlah kalian saling hasad, dan jangan saling menipu, dan jangan saling membenci, dan jangan saling bermusuhan dan jangan pula membeli barang yang sedang dibeli orang lain. Dan jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara, seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim yang lainnya, maka janganlah ia mendzalimi saudaranya, dan merendahkannya, dan enggan   memberikan pertolongan padanya. Taqwa itu ada di sini - dan beliau menunjuk ke arah dadanya sampai tiga kali. Cukuplah seseorang itu dikatakan buruk, jika ia merendahkan saudaranya sesama Muslim. Setiap Muslim terhadap Muslim yang lain itu haram darahnya, hartanya dan kehormatannya." (Riwayat Muslim)

Pelajaran yang terdapat didalam hadist :

  1. Ada beberapa kelakuan buruk yang diperhatikan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa salam agar kita semua menjauhinya. Di antaranya ialah:
    1. Hasad, dengki atau irihati.
    2. Menipu mengatakan pada seseorang dengan harga tinggi atau  mengatakan bahwa ia telah menawar sekian, tetapi belum diberikan. Padahal sebenarnya tidak dan berbuat sedemikian itu perlu menjerumuskan orang lain agar suka membeli dengan harga tinggi itu dan ia sendiri akan menerima sebagian keuntungan dari penjualannya itu nanti.
    3. Saling membenci.
    4. Saling bermusuhan.
    5. Membeli barang yang sedang dibeli orang lain.
  2. Semua itu dilarang oleh beliau Shallallahu ‘Alaihi Wassalam agar kita sesama makhluk Allah ini dapat hidup rukun dan damai.
  3. Jika pelajaran bagian atas itu untuk umum, tanpa pandang bulu, kebangsaan, agama, dan lain-lain maka yang di bawah ini ditekankan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam, khususnya antara kita sesama ummat Islam, yaitu seorang Muslim wajiblah menunjukkan sikap persaudaraan terhadap Muslim lainnya tanpa memandang golongannya, bermazhab atau tidaknya, kepartaiannya dan lain-lainnya.
  4. Kita diperintahkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam jangan sampai:
    1. Berbuat dzalim, Menganiaya, apalagi merampas haknya.
    2. Membiarkan kawannya, padahal memerlukan pertolongan, nasihat dan lain-lain sebagainya.

Tema hadist yang berkaitan dengan Al quran :

  1. Setiap Muslim sesungguhnya saling bersaudara:
    إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ
    Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara. (Al-Hujurat: 10)
  2. Menjunjung tinggi kehormatan orang yang beriman
    وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِلْمُؤْمِنِينَ
    Berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman.Al (Hijr:88).


Sumber : ONE DAY ONE HADITS