Artikel Hadits  Kembali

Keutamaan Puasa
Oleh : Ustadz Muslih Rasyid

عن أبي أمامة رضي الله عنه قال، أَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقُلْتُ: مُرْنِي بِأَمْرٍ آخُذُهُ عَنْكَ قَالَ: " عَلَيْكَ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَا مِثْلَ لَهُ ".

Dari Abu Umamah radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : "Aku pernah mendatangi Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam. Maka aku berkata kepada beliau : ”(Wahai Rasulullah), tunjukkan kepadaku suatu amalan yang dapat aku ambil darimu”. Maka beliau menjawab : “Hendaknya kamu berpuasa, karena puasa itu tidak ada tandingan (pahala)-nya” (HR. An-Nasa’i dalam Al-Mujtabaa no. 2220, Ibnu Hibban dalam Al-Mawarid hal. 232, dan Al-Hakim no. 1533 dengan sanad shahih. Lafadz ini adalah milik An-Nasa’i. Lihat Shahih Sunan An-Nasa’i 2/122).

Pelajaran yang terdapat di dalam hadist:

  1. Orang yang Berpuasa amalannya tidak ada tandingannya.
  2. Para sahabat selalu bersemangat untuk mendapatkan amalan yang terbaik dari Rasulullah Sallallahu alahi wasallam.
  3. Orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala tak terhitung nilainya.

Tema hadist yang berkaitan dengan Al qur'an :

  1. Keutamaan-Keutamaan Puasa pahala dan ampunan
    إِنّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصّادِقِينَ وَالصّادِقَاتِ وَالصّابِرِينَ وَالصّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدّقِينَ وَالْمُتَصَدّقَاتِ والصّائِمِينَ والصّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِـظَاتِ وَالذّاكِـرِينَ اللّهَ كَثِيراً وَالذّاكِرَاتِ أَعَدّ اللّهُ لَهُم مّغْفِرَةً وَأَجْراً عَظِيماً
    “Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang menjaga kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar” (QS. Al-Ahzab : 35).
  2. Memilih untuk puasa itu pilihan yang paling baik
    وَأَن تَصُومُواْ خَيْرٌ لّكُمْ إِن كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
    “Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” (QS. Al-Baqarah : 184).


Sumber : ONE DAY ONE HADITS  alhadist.com