Artikel Hadits  Kembali

Surat Al-Ikhlash dan Mu'awidzataini Penghalang Dari Keburukan
Oleh : Ustadz Muslih Rasyid

عن عبد الله بن خبيب رضي اللَّه عنه قال : خَرَجْنَا فِي لَيْلَةِ مَطَرٍ وَظُلْمَةٍ شَدِيدَةٍ نَطْلُبُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِيُصَلِّيَ لَنَا ، فَأَدْرَكْنَاهُ فَقَالَ : أَصَلَّيْتُمْ ؟ فَلَمْ أَقُلْ شَيْئًا فقال : قُلْ . فَلَمْ أَقُلْ شَيْئًا . ثُمَّ قَالَ : قُلْ . فَلَمْ أَقُلْ شَيْئًا . ثُمَّ قَالَ : قُلْ . فَقُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ما أقول ؟ قال : قُلْ : ( قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَد و المعوذتين حِينَ تُمْسِي وَحِينَ تُصْبِحُ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ تَكْفِيكَ مِنْ كُلِّ شَيْء (رواه أبو داود، رقم 5082 والترمذي، رقم 3575 وقال : حسن صحيح غريب . وقال النووي في "الأذكار" ص/107 إسناده صحيح)

Dari Abdullah bin Khubaib radhiallahu anhu berkata: “Kami keluar waktu malam turun hujan dan malam yang gelap. Kami mencari Rasulullah Shallallahu Alaihi wa sallam agar shalat bersama kami. Kemudian kami dapatkan dan bertanya, “Apakah kamu semua sudah selesai shalat? Saya tidak mengatakan apapun. Beliau berkata, “Katakan. Saya tidak mengatakan apapun juga. Kemudian mengatakan, “Katakan. Saya tidak mengatakan apapun. Kemudian mengatakan, “Katakan. Saya bertanya, “Wahai Rasulullah, apa yang saya katakan? Beliau menjawab, “Bacalah: ‘Qul Huwallahu Ahad dan dua surat yang dapat melindungi (Al-Mu’awidzatain; maksudnya alfalaq dan annas). Ketika sore dan ketika pagi sebanyak tiga kali, dapat menjaga anda dari segala sesuatu.” (HR. Abu Daud, no. 5082, Tirmizi, no. 3575 dan mengatakan, “Hasan Shahih Gorib. Nawawi mengatakan di ‘Azkar, hal. 107. Sanadnya shahih)

Pelajaran yang terdapat di dalam hadist:

  1. Bahwa doa dan zikir tadi diatas dapat menjaga seorang muslim dari keburukan dan kejelekan dengan berbagai macamnya dengan izin Allah ta’ala.
  2. Akan tetapi bukan merupakan suatu keharusan.
  3. Siapa yang tertimpa cobaan disertai dengan menjaga zikir-zikir ini hal itu dengan takdir Allah Ta’ala.
  4. Dan bagi-Nya semua hikmah yang tinggi dalam urusan dan ketentuan-Nya.

Tema Hadist yang berkaitan dengan Al qur'an :

  • Malaikat-malaikat yang selalu menjaga hamba Allah secara bergiliran, ada yang di malam hari, ada pula yang di siang hari untuk menjaganya dari hal-hal yang buruk dan kecelakaan-kecelakaan. 
    لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ
    “Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah.” (QS. Ar-Ra’du: 11).


Sumber : ONE DAY ONE HADITS  alhadist.com