Artikel Hadits  Kembali

Tolonglah Saudaramu Yang Berbuat Dzalim dan Didzalimi!
Oleh : Ustadz Muslih Rasyid

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: انْصُرْ أَخَاكَ ظَالِمًا أَوْ مَظْلُومًا. قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، هَذَا نَنْصُرُهُ مَظْلُومًا، فَكَيْفَ نَنْصُرُهُ ظَالِمًا؟ قَالَ: تَأْخُذُ فَوْقَ يَدَيْهِ

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda: Tolonglah saudaramu yang berbuat dzalim dan yang didzalimi. Mereka bertanya: Wahai Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam, jelas kami faham menolong orang yang didzalimi, tapi bagaimana kami harus menolong orang yang berbuat dzalim? Beliau bersabda: Pegang tangannya (hentikan ia agar tidak berbuat dzalim). Hadist Shahih Riwayat Bukhari:2264

Pelajaran yang terdapat di dalam hadist :

  1. Kewajiban seorang muslim untuk menolong saudaranya yang muslim saat ia didzalimi.
  2. Kewajiban seorang muslim untuk menolong saudaranya yang muslim saat ia dzalim, yaitu dengan menghentikannya agar tidak berbuat dzalim.
  3. Anjuran untuk peduli terhadap lingkungan sekitar dan tidak diam saja ketika melihat adanya kedzaliman.

Tema hadist yang berkaitan al-qur'an :

  1. Dan jika sebuah umat menolong yang terdzalimi zolimi, mengambil tangan pelaku kedzaliman lalu mencegahnya dari kedzaliman maka umat tersebut selamat dari hukuman Allah. Allah berfirman :
    وَاتَّقُوا فِتْنَةً لا تُصِيبَنَّ الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْكُمْ خَاصَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
    Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. dan ketahuilah bahwa Allah Amat keras siksaan-Nya. (QS Al-Anfaal : 25)
  2. Sesungguhnya kerusakan yang besar dan fitnah yang menyala-nyala di negeri-negeri kaum musliimin asalnya adalah karena kurang dalam menerapkan sikap menolong.
     وَالَّذِينَ كَفَرُوا بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ إِلا تَفْعَلُوهُ تَكُنْ فِتْنَةٌ فِي الأرْضِ وَفَسَادٌ كَبِيرٌ
    Adapun orang-orang yang kafir, sebagian mereka menjadi pelindung bagi sebagian yang lain. jika kamu (hai Para muslimin) tidak melaksanakan apa yang telah diperintahkan Allah itu, niscaya akan terjadi kekacauan di muka bumi dan kerusakan yang besar. (QS Al-Anfaal : 73).


Sumber : ONE DAY ONE HADITS, alhadist.com