Artikel Hadits  Kembali

Allah Subhanahu Wata’ala Bergenbira Atas Taubat HambaNya
Oleh : Ustadz Muslih Rasyid

وعن أبي حمزةَ أنسِ بنِ مالكٍ الأنصاريِّ- خادِمِ رسولِ الله صلى الله عليه وسلم رضي الله عنه- قَالَ: قَالَ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم: ((للهُ أفْرَحُ بِتَوْبَةِ عَبْدِهِ مِنْ أَحَدِكُمْ سَقَطَ عَلَى بَعِيرهِ وقد أضلَّهُ في أرضٍ فَلاةٍ)). مُتَّفَقٌ عليه. وفي رواية لمُسْلمٍ: ((للهُ أَشَدُّ فَرَحًا بِتَوبَةِ عَبْدِهِ حِينَ يتوبُ إِلَيْهِ مِنْ أَحَدِكُمْ كَانَ عَلَى رَاحِلَتهِ بأرضٍ فَلاةٍ، فَانْفَلَتَتْ مِنْهُ وَعَلَيْهَا طَعَامُهُ وَشَرَابهُ فأَيِسَ مِنْهَا، فَأَتى شَجَرَةً فاضطَجَعَ في ظِلِّهَا وقد أيِسَ مِنْ رَاحلَتهِ، فَبَينَما هُوَ كَذَلِكَ إِذْ هُوَ بِها قائِمَةً عِندَهُ، فَأَخَذَ بِخِطامِهَا، ثُمَّ قَالَ مِنْ شِدَّةِ الفَرَحِ: اللَّهُمَّ أنْتَ عَبدِي وأنا رَبُّكَ! أَخْطَأَ مِنْ شِدَّةِ الفَرَحِ)).

Dari Abu Hamzah Anas bin Malik al-Anshari Radhiyallahu ‘Anhu, pelayan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda: "Sesungguhnya Allah itu begitu bergembira dengan taubat hamba-Nya melebihi kegembiraan seseorang di antara kalian yang menemukan kembali untanya yang telah hilang di suatu padang yang luas.” (HR. Bukhari no. 6309 dan Muslim no. 2747).

Pelajaran yang bisa diambil dari hadist:

  1. Kecintaan Allah Subhanahu Wata’ala terhadap hambaNya yang bertaubat.
  2. Kegembiraan Allah Ta'ala di kala mengetahui ada hambaNya yang bertaubat itu adalah lebih dari kegembiraan orang yang menemukan kembali untanya yang hilang di padang yang luas.
  3. Keberkahan kepasrahan terhadap urusan Allah Subhanahu Wata’ala.

Tema hadist yang berkaitan dengan Al-Quran:

  1. Seseorang harus punya roja (harapan) supaya tidak putus asa.
    وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
    Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. [Surat An-Noor : 31]
  2. Taubat Nasuha
    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا 
    Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). [Surat At-Tahrim : 8].


Sumber : ONE DAY ONE HADITS, alhadist.com