Artikel Hadits  Kembali

Tiga Golongan yang Diancam Siksa Berat pada Hari Kiamat
Oleh : Ustadz Muslih Rasyid

عن أبي ذار رضي الله عنه قال، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ثَلاَثَةٌ لاَ يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلاَ يُزَكِّيهِمْ وَلاَ يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ شَيْخٌ زَانٍ وَمَلِكٌ كَذَّابٌ وَعَائِلٌ مُسْتَكْبِرٌ

Dari Abu Zar radhiyallah ‘anhu berkata, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda: “Tiga orang yang Allah enggan berbicara dengan mereka pada hari kiamat kelak. (Dia) tidak sudi memandang muka mereka, (Dia) tidak akan membersihkan mereka daripada dosa (dan noda). Dan bagi mereka disiapkan siksa yang sangat pedih. (Mereka ialah ): Orang tua yang berzina, Penguasa yang suka berdusta dan fakir miskin yang takabur.” (HR. Muslim)

Pelajaran yang terdapat di dalam hadits:

  1. Tiga orang yang Allah enggan berbicara dengan mereka pada hari kiamat kelak. (Dia) tidak sudi memandang muka mereka, (Dia) tidak akan membersihkan mereka daripada dosa (dan noda). Dan bagi mereka disiapkan siksa yang sangat pedih. (Mereka ialah ): Orang tua yang berzina, Penguasa yang suka berdusta dan fakir miskin yang takabur.
  2. Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak berbicara dengan mereka besok dihari kiamat. Artinya tidak berbicara perkataan yang bermanfaat, menggembirakan dan ridha kepada mereka. Karena Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak berkata kepada ahli neraka di neraka.
  3. Tidak melihat mereka. Artinya tidak melihat secara khusus dan berpaling dari mereka, tidak melihat mereka dengan penglihatan yang penuh kelembutan dan kasih sayang.
  4. Tidak membersihkan mereka artinya, tidak membersihkan dari dosa dan kotoran serta tidak memuji akan kebaikan mereka.
  5. Bagi mereka siksa yang amat pedih, artinya celaka dan kerugian yang besar di waktu itu.
  6. Hadist diatas memberikan peringatan, ancaman atas begitu besarnya dosa mereka, yaitu: -orang tua yang berzina, penguasa (raja, presiden) yang suka berdusta dan fakir miskin yang sombong.

Tema hadist yang berkaitan dengan Al Qur'an:

  • Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak berbicara kepada mereka (ahli neraka) besuk dihari kiamat.
    قَالَ اخْسَئُوا فِيهَا وَلا تُكَلِّمُونِ
    Allah berfirman, "Tinggallah dengan hina di dalamnya, dan janganlah kalian berbicara dengan Aku. [Al- Mukminun: 108]


Sumber : ONE DAY ONE HADITS  alhadist.com