No |
No Hadits |
Isi |
1 |
35 |
Maka kulepaskan kembali setan itu dalam keadaan hina. Kata 'Ifrit (dalam QS surat an-
Naml ayat 39) digunakan untuk setiap orang yang membangkang (durhaka), baik dari
kalangan manusia maupun jin. Timbangan kata 'Ifriit seperti kata "zibniyah" yang jamaknya
zabaniyah". Sedang 'Ifriit, bentuk jamaknya 'Afaariit.(Shahih) |
2 |
3170 |
Telah bercerita kepadaku Muhammad bin Bassyar telah bercerita kepada kami
Muhammad binJa'far telah bercerita kepada kami Syu'bah dari Muhammad bin Ziyad dari
Abu Hurairah radliallahu 'anhu dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam: "Sesungguhnya 'Ifrit
dari bangsa jin baru saja menggangguku untuk memutuskan shalatku namun Allah
menjadikan aku dapat menundukkannya lalu aku tangkap dan hendak mengikatnya pada
tiang diantara tiang-tiang masjid hingga tiap orang dari kalian dapat melihatnya. Namun aku
teringat akan do'a saudaraku, Nabi Sulaiman 'Alaihissalam; ("Ya Rabb, anugerahkanlah
kepadaku kerajaan yang tidak akan dimiliki oleh seorangpun setelah aku"). (QS. Shad ayat(Shahih) |
3 |
3171 |
Telah bercerita kepada kami Khalid bin Makhlad telah bercerita kepada kami Mughirah
bin 'Abdur Rahman dari Abu Az Zanad dari Al A'raj dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu dari
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam: bersabda: "Nabi Sulaiman bin Daud 'alaihimas salam
berkata; "Suatu malam aku akan menggilir (jima') tujuh puluh orang istriku yang setiap
istriku itu akan mengandung (dan melahirkan) seorang penunggang kuda yang akan berjihad
di jalan Allah". Kemudian temannya berkata kepadanya; "Ucapkanlah Insya Allah (Jika Allah
menghendaki"). Namun Nabi Sulaiman tidak mengucapkan insya Allah sehingga tidak ada
satu pun istrinya yang mengandung kecuali satu orang yang kemudian melahirkan anak yang
dadanya hilang sebelah (berbadan sebelah). Lalu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Seandainya dia mengucapkan insya-allah pasti anak-anaknya itu akan berjihad di jalan
Allah". Syu'aib dan Abu Az Zanad berkata; "Yang benar istrinya berjumlah tujuh puluh".(Shahih) |
4 |
3172 |
Telah bercerita kepadaku 'Umar binHafsh telah bercerita kepada kami bapakku telah
bercerita kepada kami Al A'masy telah bercerita kepada kami Ibrahim at-Taymiy dari
bapaknya dari Abu Dzarr radliallahu 'anhu berkata; "Aku bertanya kepada Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam, masjid apakah yang pertama di bangun di muka bumi ini?".
Beliau menjawab: "al-Masjidil Haram". Aku bertanya lagi; "Kemudian apa?". Beliau
menjawab: "al-Masjidil Aqshaa". Aku bertanya lagi; "Berapa lama selang waktu antara
keduanya?". Beliau menjawab: "Empat puluh. Kemudian Beliau bersabda: "Dimana saja
kamu berada dan waktu shalat sudah datang, maka shalatlah, karena bumi bagimu adalah
masjid" (boleh sebagai tempat shalat).(Shahih) |
5 |
3173 |
Telah bercerita kepada kami Abu Al Yaman telah mengabarkan kepada kami Syu'aib
telah bercerita kepada kami Abu Az Zanad dari 'Abdurrahman yang bercerita kepadanya
bahwa dia mendengar dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu yang mendengar Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Perumpamaanku di hadapan manusia bagaikan
seseorang yang menyalakan api lalu kupu-kupu dan hewan-hewan ini masuk ke dalam api
tersebut". Dan Beliau juga bersabda: "Ada dua orang wanita dengan bayinya masing-masing
lalu datang serigala membawa kabur salah satu dari bayi itu. Maka salah seorang dari wanita
itu berkata; "Yang dibawa kabur serigala itu adalah anakmu". Dan wanita lainnya berkata;
"Justru anakmu yang dibawa kabur serigala itu". Akhirnya keduanya meminta keputusan
kepada Nabi Daud 'Alaihissalam lalu Nabi Daud memutuskan bahwa bayi yang ada itu milik
wanita yang lebih tua. Namun keduanya pergi menemui Nabi Sulaiman bin Daud
'alahimassalam dan menceritakan peristiwa yang telah terjadi kepadanya. Maka Sulaiman
berkata: "Berikan pisau agar aku potong bayi ini menjadi dua". Wanita yang lebih muda
berkata; "Jangan kamu lakukan. Semoga Allah merahmatimu, anak itu miliknya". Maka
akhirnya Nabi Sulaiman memutuskan bahwa bayi itu milik wanita yang lebih muda". Abu
Hurairah radliallahu 'anhu berkata; "Demi Allah, aku belum pernah mendengar tentang
"sikkin" (pisau) dalam kisah ini kecuali hari ini dan kami tidak pernah mengatakannya kecuali
al-Mudyah (golok).(Shahih) |
|