No |
No Hadits |
Isi |
1 |
3954 |
Telah menceritakan kepada kami Abul Walid Telah menceritakan kepada kami Syu'bah
dari 'Amru dari Ibnu Abu Laila, tak seorangpun memberitakan kepada kami bahwa ia melihat
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam shalat dluha selain ummu Hani", ialah yang menyebutkan
bahwa beliau shallallahu 'alaihi wasallam pada hari penaklukan Makkah mandi di rumahnya
kemudian shalat delapan rakaat. Kata Ummu Hani ", belum pernah kulihat beliau shalat lebih
ringan daripadanya selain beliau menyempurnakan ruku' dan sujud.(Shahih) |
2 |
3955 |
Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Basyar Telah menceritakan kepada
kami Ghundar Telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Manshur dari Abu Dluha dari
Masruq dari Aisyah radliallahu 'anhuma, katanya, Pernah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam
dalam ruku'nya dan sujudnya membaca doa SUBHAANAKALLAAHUMMA RABBANAA
WABIHAMDIKA ALLAAHUMMAGH FIRLII (Maha Suci ya Allah, Tuhan kami, dan dengan pujian
kepada-Mu, ya Allah, ampunilah aku."(Shahih) |
3 |
3956 |
Telah menceritakan kepada kami Abu Nu'man Telah menceritakan kepada kami Abu
'Awanah dari Abu Bisyr dari Said bin Jubair dari Ibnu Abbas radliallahu 'anhuma, Umar
Pernah mengajakku dalam sebuah majlis orang dewasa, sehingga sebagian sahabat bertanya
"Mengapa si anak kecil ini kau ikut sertakan, kami juga punya anak-anak kecil seperti dia?"
Umar menjawab; "Kalian maklum, anak ini punya "kualitas" tersendiri." Kata Ibnu Umar,
maka suatu hari Umar mengundang mereka dan mengajakku bersama mereka. Seingatku,
Umar tidak mengajakku saat itu selain untuk mempertontonkan kepada mereka kualitas
keilmuanku. Lantas Umar bertanyal; "Bagaimana komentar kalian tentang ayat "Seandainya
pertolongan Allah dan kemenangan datang (1) dan kau lihat manusia masuk agama Allah
dengan berbondong-bondong (2) -hingga ahkir surat (QS. Alfath 1-3). Sebagian sahabat
berkomentar; "Tentang ayat ini, setahu kami, kita diperintahkan agar memuji Allah dan
meminta ampunan kepada-Nya, tepatnya ketika kita diberi pertolongan dan diberi
kemenangan." Sebagian lagi berkomentar; "kalau kami nggak tahu." Atau bahkan tidak
berkomentar sama sekali. Lantas Umar bertanya kepadaku; "Wahai Ibnu Abbas, beginikah
kamu berkomentar mengenai ayat tadi?"TIDAK" Jawabku."Lalu komentarmu? Tanya Umar.
Ibnu Abbas menjawab; "Surat tersebut adalah pertanda wafat Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam sudah dekat, Allah memberitahunya dengan ayatnya: "Jika telah datang
pertolongan Allah dan kemenangan', itu berarti penaklukan Makkah dan itulah tanda ajalmu
(Muhammad), karenanya "Bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampunan,
sesungguhnya Dia Maha Menerima taubat. Kata Umar, "Aku tidak tahu penafsiran ayat
tersebut selain seperti yang kamu (Ibnu Abbas) ketahui."(Shahih) |
4 |
3957 |
Telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Syurahbil Telah menceritakan kepada kami
Al Laits dari Al Maqburi dari Abu Syuraikh Al'Adawi, ia berkata kepada Amru bin Said yang
ketika itu ia mengirim beberapa utusan ke Makkah; "Wahai Amir, izinkanlah aku
mengajakmu bicara suatu hal yang akan diucapkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
besok pada penaklukan Makkah, yang kudengar dengan kedua telingaku dan diperhatikan
oleh hatiku serta dilihat oleh kedua mataku ketika beliau mengucapkannya. Beliau
memanjatkan pujian dan sanjungan kepada Allah lantas berujar: "Sesungguhnya Makkah
telah Allah sucikan dan manusia tidak mensucikannya sebelumnya, tidak halal bagi
seseorang yang beriman kepada Allah dan hari akhir untuk menumpahkan darah di sana,
tidak pula menebang pohon, kalaulah seorang berkilah bahwa Rasulullah pernah memberi
keringanan untuk perang, katakan padanya: 'Allah mengijznkan khusus untuk Rasul-Nya dan
tidak mengizinkan untuk kalian, dan Allah pun mengizinkannya hanya beberapa saat ketika
siang, dan kesuciannya telah kembali hari ini sebagaimana kesucian kemarin, hendaklah
yang menyaksikan untuk menyampaikan yang tidak hadir." Ditanyakan kepada Abu Syuraikh;
"Apa yang Amru ucapkan kepadamu? Jawabnya; "Aku lebih tahu terhadapnya wahai Abu
Syuraikh, sesungguhnya tanah haram tidak akan melindungi pelaku kemaksiatan dan tidak
pula manusia yang lari menumpahkan darah dan tidak pula yang lari melakukan
penghancuran-penghancuran." Kata Abu Abdullah, makna Kharibah adalah bencana
(kehancuran).(Shahih) |
5 |
3958 |
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah Telah menceritakan kepada kami Al Laits
dari Yazid bin Abu Habib dari 'Atha' bin Abu Rabah dari Jabir bin Abdullah radliallahu
'anhuma, ia mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda pada tahun
penaklukan Makkah yang ketika itu beliau di Makkah: "Al lah dan Rasulnya mengharamkan
jual beli Khamar (minuman keras).(Shahih) |
|