No |
No Hadits |
Isi |
1 |
6697 |
Telah menceritakan kepada kami 'Ali bin Abdullah telah menceritakan kepada kami
Sufyan telah menceritakan kepada kami Abu Az Zanad dari Al Qashim bin Muhammad
mengatakan, Ibnu 'Abbas mengisahkan perihal dua orang yang saling meli'an. Lantas
Abdullah bin Syadad bertanya; Itukah wanita yang dimaksudkan Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam dalam sabdanya; "Kalaulah aku merajam seorang wanita tanpa bukti, (niscaya
kurajam), " Ibnu Abbas menjawab "tidak, justru wanita yang dirajam dengan tanpa bukti
ialah jika ia secara terang-terangan mengakui perzinahannya."
(Shahih) |
2 |
6698 |
Telah menceritakan kepada kami 'Ali telah menceritakan kepada kami Sufyan, 'Amru
mengatakan, telah menceritakan kepada kami ' Atho' mengatakan, Nabi shallallahu 'alaihi
wasallam menangguhkan shalat isya' agak malam, maka Umar keluar (dari masjid) dan
mengatakan; 'Mari tegakkan shalat ya Rasulullah, wanita dan anak-anak telah tidur! ' Nabi
muncul dari kamarnya dan kepalanya meneteskan air sambil berkata: "Kalaulah tidak
memberatkan umatku -atau dengan redaksi; tidak memberatkan manusia -, " sedangkan
Sufyan mengatakan; atas umatku - niscaya kuperintahkan kepada mereka untuk shalat
dengan waktu seperti ini." Ibnu Juraij mengatakan, dari 'Atho` dari Ibnu 'Abbas menuturkan;
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menangguhkan shalat ini, maka Umar datang dan
mengatakan; 'Ya Rasulullah, para wanita dan anak-anak telah tertidur' lantas beliau muncul
sedang beliau sambil mengusap air dari lambungnya sambil mengatakan; "inilah waktu
untuk shalat isya', kalau saja tidak memberatkan umatku." Dan Amru mengatakan telah
menceritakan kepada kami 'Atho, dalam sanadnya tidak menyebutkan Ibnu Abbas. Amru
mengatakan; kepalanya meneteskan (air). sedang Ibnu Juraij mengatakan; mengusap air dari
lambungnya. Dan Amru mengatakan; "Kalaulah tidak memberatkan atas umatku." Sedang
Ibnu Juraij mengatakan; "sungguh ini adalah waktu semestinya, kalaulah tidak memberatkan
umatku." Sedang Ibrahim bin Al Mundzir mengatakan, telah menceritakan kepada kami
Ma'an, telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Muslim dari 'Amru dari 'Atho` dari
Ibnu Abbas dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.
ُ َ َ ُ َّ(Shahih) |
3 |
6699 |
Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami Al
Laits dari Ja'far bin Rabi'ah dari Abdurrahman aku mendengar Abu Hurairah radliallahu
umatku, niscaya kuperintahkan mereka bersiwak."(Shahih) |
4 |
6700 |
Telah menceritakan kepada kami 'Ayyasy bin Al Walid telah menceritakan kepada kami
Abdul A'la telah menceritakan kepada kami Humaid dari Tsabit dari Anas radliallahu 'anhu,
mengatakan; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menyambung akhir bulan (untuk tetap
berpuasa) sehingga sahabat lain menyambungnya (wishal). Berita ini sampai kepada Nabi
shallallahu 'alaihi wasallam, sehingga beliau bersabda; "Kalaulah bulan dipanjangkan bagiku,
niscaya kulakuan puasa wishal, sehingga orang-orang yang berlebihan dalam beragama
meninggalkan kebiasaan berlebih-lebihannya, Sungguh aku tidak seperti kalian, Tuhanku
senantiasa memberiku makan dan minum." hadist ini diperkuat oleh Sulaiman bin Mughirah
dari Tsabit dari Anas dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.(Shahih) |
5 |
6701 |
Telah menceritakan kepada kami Abul Yaman telah mengabarkan kepada kami Syu'aib
dari Az Zuhri dan Al Laits berkata; telah menceritakan kepadaku Abdurrahman bin Khalid
dari Ibn Syihab bahwasanya Sa'id bin Musayyab mengabarkan kepadanya, bahwa Abu
Hurairah berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang puasa wishal, Para
sahabat mengemukakan alasan, "Anda sendiri puasa wishal ya Rasulullah!" Nabi menjawab:
minum." Tatkala para sahabat enggan menghentikan wishalnya, beliau menyambung
puasanya bersama mereka hari demi hari, kemudian mereka melihat hilal (bulan sabit),
lantas Nabi berkata: "Jika bulan itu terlambat, niscaya kutambah lagi puasanya, " seolah-olah
beliau ingin menghukum para sahabatnya."(Shahih) |
6 |
6702 |
Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Abul
Ahwash telah menceritakan kepada kami Asy'ats dari Al Aswad bin Yazid dari 'Aisyah
berkata, "Aku bertanya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tentang Hijir Ismail, apakah
termasuk baitullah?" Nabi menjawab: "Ya." Aku bertanya, "Mengapa para sahabat tidak
memasukkannya dalam baitullah?" Nabi menjawab: "Kaummu dahulu kekurangan dana
renovasi." Aku bertanya, "Lantas bagaimana pintunya ditinggikan?" Nabi menjawab:
dan melarang siapa saja yang dikehendaki, kalaulah bukan karena kaummu yang baru saja
masuk Islam sehingga aku khawatir hati mereka menolak, niscaya kumasukkan Hijir Ismail
dalam Ka'bah, dan kuratakan pintunya dengan tanah."(Shahih) |
7 |
6703 |
Telah menceritakan kepada kami Abul Yaman telah mengabarkan kepada kami Syu'aib
telah menceritakan kepada kami Abuz Zinad dari Al A'raj dari Abu Hurairah berkata,
adalah seorang Anshar, kalaulah manusia mengarungi lembah dan Anshar mengarungi
lembah lain atau lereng gunung, niscaya aku mengarungi lembah Anshar atau lereng gunung
Anshar."(Shahih) |
8 |
6704 |
Telah menceritakan kepada kami Musa telah menceritakan kepada kami Wuhaib dari
wasallam, beliau bersabda: "Kalaulah bukan karena hijrah, niscaya aku menjadi orang
Anhsar, dan kalaulah manusia menempuh sebuah lembah atau lereng gunung, niscaya aku
mengarungi lembah Anshar atau lereng gunungnya." Hadis ini diperkuat oleh Abu Thayyah
dari Anas dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.(Shahih) |
|