Daftar Hadits riwayat Ibnu Majah


Kitab : PENDAHULUAN
Bab : Keutamaan Ulama Dan Anjuran Mencari Ilmu
[Kembali]

No No Hadits Isi
1 219 Dari Abu Huraiah, dia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa dikehendaki Allah untuk menjadi baik, maka Allah akan memahamkannya dalam masalah agama'."(Shahih ) (Ash-Shahihah (1194, 1195), Ar-Raudh (1160). Muttafaq alaih. )
2 220 Dari Muawiyah bin Abu Sufyan, dari Rasulullah SAW bahwasanya beliau bersabda, "Kebajikan adalah suatu tradisi, sedangkan keburukan adalah suatu permusuhan; barangsiapa dikehendaki Allah menjadi baik, maka akan diberikan pemahaman agama kepadanya."(Hasan ) (Ash-Shahihah (651). Ar Raudh (1160) )
3 222 Dari Katsir bin Qais, dia berkata; "Ketika aku sedang duduk di sebelah Abu Darda' di Masjid Damaskus, tiba-tiba datang seorang lelaki kepadanya, lalu berkata, 'Wahai Abu Darda' Aku datang kepadamu dari kota Madinah —kota Rasulullah SAW— untuk keperluan sebuah hadits yang sampai kepadaku bahwa engkau pernah meriwayatkannya dari Rasulullah SAW.' Abu Darda' berkata, 'Apakah kamu datang untuk berdagang?' Dia menjawab, Tidak.' Abu Darda" berkata, 'Apakah kamu datang dengan niat untuk (keperluan) selain itu?' Dia menjawab, 'Tidak.' Abu Darda' berkata, 'Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, 'Barangsiapa berjalan (keluar) mencari ilmu, sesungguhnya Allah akan mempermudah baginya jalan menuju surga, sesungguhnya malaikat meletakkan sayap-sayapnya karena senang kepada orang yang mencari ilmu. Sesungguhnya orang yang mencari ilmu akan dimintakan ampunan oleh yang ada di langit dan di bumi hingga ikan-ikan yang ada di dalam air. Sesungguhnya keutamaan seorang alim dibandingkan seorang abid (orang yang tekun beribadah) adalah seperti keutamaan bulan terhadap seluruh bintang. Sesungguhnya para nabi itu tidak mewariskan dinar ataupun dirham, tapi mereka hanya mewariskan ilmu. Barangsiapa mengambilnya, maka dia mengambil suatu bagian yang sempurna'."(Shahih ) (Shahih At-Targhib (1/33/68). )
4 223 Dari Anas bin Malik, ia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, 'Mencari ilmu adalah fardhu bagi setiap orang Islam'."(Shahih ) (Takhrij Musykilah Al Faqr (86), Takhrij Fiqh As-Sirah (71). )
5 224 Dari Abu Hurairah, dia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, 'Barangsiapa menghilangkan kesusahan (kesulitan) seorang muslim dari kesusahan dunia, maka Allah akan menghilangkan segala kesusahannya pada hari Kiamat; dan barangsiapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Barangsiapa memudahkan orang yang mengalami kesulitan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan akhirat. Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba-Nya itu mau menolong saudaranya. Barangsiapa keluar mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Tidaklah suatu kaum berkumpul di dalam sebuah rumah di antara rumah-rumah Allah, mereka membaca kitab Allah dan mempelajarinya sesama mereka, melainkan malaikat akan mengelilingi mereka dan diturunkan rasa ketenangan kepada mereka. Dan Allah akan menyebut-nyebutkan mereka kepada apa (siapa saja) yang ada di sisi-Nya. Barangsiapa memperlambat amalannya di dunia, maka tidaklah bermanfaat kemuliaan nasab baginya'. "(Shahih ) (Shahih At-Targhib (1/31/67), At-Ta'liq Ar-Raghib (1/52), Takhrij Al Ilmi (113/17), Shahih Abu Daud (1308). Muslim. )
6 225 Dari Zirrin bin Hubaiz, dia berkata, "Aku mandatangi Shafwan bin Assal Al Muradi, ia bertanya, 'Untuk apa engkau datang?' Aku menjawab, 'Aku (datang) hendak mencari ilmu'. Shafwan berkata, "Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, 'Tidaklah seorang pun yang keluar dari rumahnya dalam mencari ilmu, kecuali malaikat akan meletakkan sayap-sayapnya untuknya karena senang terhadap apa yang dilakukan oleh orang tersebut'."(Hasan-shahih ) (At-Ta'liq Ar-Raghib (1/62), Takhrij Al Ilmi (5/110). )
7 226 Dari Abu Hurairah, dia berkata, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, 'Barangsiapa datang ke masjidku ini, yang tidak lain kecuali untuk kebajikan yang ingin dipelajarinya atau mengajarkannya, maka kedudukannya sama dengan seorang berjihad di jalan Allah. Dan barangsiapa datang selain dengan niat tersebut, maka ia bagaikan seseorang yang hanya dapat memandang harta benda orang lain saja'."(Shahih ) (Shahih At-Targhib (83). )